Cara bikin hotspot access point dengan laptop

mau share tips dan trik buat hemat pulsa neeh…

seperti yang kita tau, hape android bakal “kering” banget and ngga “klop” rasanya kalo ngga online minimal… beberapa kali sehari…

Buat anak kost kaya gw pasti berat banget buat bayar biaya internet, kecuali buat yang punya paket unlimited,,

JADI SOLUSINYA……………… Kita make Wi-Fi buat online,,

kita bisa bikin hotspot sendiri make laptop or computer yang punya adapter Wi-Fi,,

Sebenernya semua gadget freak udah bisa bikin hotspot sendiri, ya, make system ad-Hoc biar bisa sharing network connections, (pengalaman gw make laptop buat ad-Hoc ama N5800 kemarin)..

Tapi sayangnya android ngga bisa dipake ad-Hoc, (kecuali make apps)..

mm.. ok deh,, to the point,,

jadi, kita harus bikin hotspot Access Point (yang bukan ad-Hoc) make laptop kita,, tapi masih terbatas make windows7 ya,, soalnya programmnya ngga jalan kalo make windows XP,

Langkah-langkahnya :

1. Download Connectify di sini..
2. tentu saja install connectify..
3. Setting Connectify sesuai keinginan, dan untuk mode networknya jangan lupa pilih Access Point..

Note: dari pengalaman gw make cara ini, pas pertama koneknya agak susah, soalnya ngga make DHCP, jadi di pengaturan wireless di dalem android, kita harus set wi-fi nya biar make static IP address,,,

kalo pengaturan IP gw,
IP adress : 192.168.2.24 (24 ato berapa aja di bawah 255)
gateway : 192.168.2.1 (ini harusnya IP laptop kita, isi sesuai IP laptop ya)
Netmask : isi 255.255.255.0
DNS 1 : isi 192.168.2.1 (sama kaya gateway, soalnya laptop kita yang ngasi sharing internet)
DNS 2 : ga usah isi,,

oh ya, laptop gw make koneksi dari Smart, jadi ya lumayan unlimited 3 bulan (1TeraByte), daripada make pulsa GSM gw,, :p

wah,, capek neeh ngetik,,

Andi Setiawan

Loving husband - Caring Father - Slap bet Commissionaire (I wish) find my complete profile on: http://andisetiawan.com/about-me http://facebook.com/andiim3 - http://gplus.to/andiim3 - http://andiim3.com

14 thoughts to “Cara bikin hotspot access point dengan laptop”

  1. udah instal connectivity tapi kok malah pas habis restart laptop gak mau masuk ke Windows akhrnya harus masuk menu Recovery, udah dicoba lagi gitu lagi.
    Kayaknya gak berhasil ini connectivity di Laptop. Ada solusi laen gak ya?
    makasih

    1. menu recovery? pake win7 kan? coba cek ke website nya connectify, lihat adapter yang didukung, terus bandingin sama adapter yang keinstall di laptop/computer.

  2. ko saya gabisa milih selain ad-hoc yah? settingan buat wpa2 aau access pointnya gabisa dipilih.. jadi adanya cuma adhoc wep sama open.. terus pas di screen connectifynya juga ada tulisan no AP mode supported.. berarti emang gabisa yah? thx..

    1. mungkin adapternya yg ga support,, coba di cek dulu ke websitenya connectify.me , cari adapter yg disupport, trus cocokin sama merk adapternya mas,

  3. mau nanya, kalo di android udah di setting static IP nya trus dah dapet sinyal wifi dari laptopnya, tapi ko coba ngenet ga nyambung2, itu knp ya?thx

    1. coba cek koneksi laptopnya dengan cara ping ke google.com ato yahoo.com, trus cek firewall di laptopnya juga biar allow connectify.. kalo masih ngga mau, coba IP di hape nya pake DHCP (automatic) aja

  4. saya dh coba pake connectify…
    spek na ini :
    .:xperia mini pro
    .: modem smart EVDO
    .: laktop ada wless-adapter : atheros (mendukung connectify)…

    saya pake sharing, awal na laktop konek ke internet pake wireless, trus saya share ama experia…tu lancar2 aja…
    giliran saya konek pake smart, itu malah ga isa. setiap kali mau klik tombol “connect” di sopwer smart-na, langsung tampil blue screen..

    itu kenapa ya???

  5. _eNDi_:karena pcmu memorinya kurang :-) jadi langsung pishical memori
    anto :soalnya internet to share punyamu itu not internet sharing

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.