Pantai Lovina

Pantai Lovina berlokasi di sebelah barat kota Singaraja, kira-kira berjarak 9-10 km dari kota Singaraja.  Pantai Lovina berada di Desa Kalibukbuk, Kabupaten Buleleng, Bali. Karena itu, kadang orang menyebutnya sebagai kawasan wisata Kalibukbuk.

lumba-lumba di Lovina
lumba-lumba di Lovina

Pantai ini menawarkan sesuatu yang berbeda kepada wisatawan. Pengalaman seru bagi wisatawan yang ingin melihat lumba-lumba. Wisatawan bisa melihat atraksi lumba-lumba secara alami dengan menggunakan perahu. Banyak sekali sampan atau perahu yang disewakan untuk melihat atraksi lumba-lumba, pasti akan menjadi pengalaman yang menarik. Tetapi hal ini tergantung dengan faktor cuaca, ada beberapa wisatawan yang kurang beruntung sehingga tidak bisa melihat lumba-lumba.

Di Desa Kalibukbuk, ada banyak jukung atau perahu tradisional khas Bali yang disewakan. Setiap perahu memuat 4-5 orang. Uniknya, walau banyak operator tur lumba-lumba di Desa Kalibukbuk, namun mereka menerapkan harga yang sama yaitu Rp 60.000. Kelar tur lumba-lumba, aktivitas seru lainnya adalah snorkeling. Tarif sewa peralatan snorkeling juga dikenakan Rp 60.000. Aktivitas wisata bahari lainnya adalah memancing. Berenang pun bisa menjadi pilihan. Arus Pantai Lovina yang tenang aman untuk anak-anak yang ingin berenang. Malam hari, Anda bisa nongkrong di kafe. Beberapa kafe menampilkan pertunjukan musik.

Wisatawan bisa menyewa sampan tersebut, waktu yang paling tepat melihat aktraksi pengejaran lumba-lumba dimulai ketika menjelang pagi, kurang lebih pukul 05.00. Sebaiknya anda memesan perahu pada malam hari, atau anda bisa menghubungi pengelola hotel tempat anda menginap untuk memesan sampan. Ketika pagi buta, akan ada teriakan ““Dolphin, Dolphin”, itu pertanda pemilik sampan siap mengantarkan anda ke petualangan paling seru selama liburan, yaitu melihat lumba-lumba.

Petualangan apalagi yang bisa anda temukan di sana? jangan khawatir, masih ada petualangan lainnya seperti menyelam, ada titik penyelaman dengan pemandangan yang menakjubkan, anda bisa menikmati keindahan laut di pantai lovina. Banyak ikan hias yang akan bisa anda lihat dan cukup ramah bagi penyelam. Memang taman laut di Lovina tidak seindah taman laut lainnya di Indonesia. Namun, Anda akan cukup senang bermain-main dengan ikan hias di perairan ini.

Di pinggir pantai, Anda juga dapat menemukan berbagai kulit kerang yang beraneka ragam. Tentu Anda bisa mengambilnya untuk koleksi hiasan dan cindera mata yang alami dan menarik.Akomodasi pun sangat mudah, mengingat Lovina sangat dekat dengan Kota Singaraja, banyak pilihan hotel tersedia untuk anda.

Andi Setiawan

Loving husband - Caring Father - Slap bet Commissionaire (I wish) find my complete profile on: http://andisetiawan.com/about-me http://facebook.com/andiim3 - http://gplus.to/andiim3 - http://andiim3.com

3 thoughts to “Pantai Lovina”

  1. I am the owner of http://www.ticktab.com. I wanted to thank you for linking to our site from this page. However, it has come to our attention that this link may have been acquired against Google’s Webmaster Guidelines. It is important for us to bring our site into compliance. I would greatly appreciate if you could remove our link from this page.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.