Katanya Uang Pensiun PNS Tak Dibayar Bulanan

Jadi inget materi perbincangan 3 orang PNS yg beberapa hari lalu dibicarakan di dalam mobil menuju salah satu SMK negeri di kota saya. Katanya pensiunan PNS mo dibayar sekali aja, katanya bisa milyaran? berikut cuplikan beritanya dari Detik:

Pemerintah saat ini tengah membuat kajian untuk mengubah sistem pembayaran uang pensiun pegawai negeri sipil (PNS), dari yang sekarang bulanan menjadi dibayar di muka dengan jumlah yang banyak.

Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro mengatakan, sistem pembayaran uang pensiun di muka ini sudah biasa dilakukan oleh perusahaan swasta. Namun dia mengakui, sistem ini masih kajian awal pemerintah.

“Jadi masih wacana. Itu biasa kok, swasta banyak pensiunnya dibayar di muka. Artinya kayak semacam pesangon atau uang pensiun sekalius. Sekali saja,” jelas Bambang saat ditemui di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu malam (25/3/2015).

“Kalau uang pensiun sekarang kan sampai orang itu meninggal, jandanya masih terima jadi panjang. Ketidakpastian lebih tinggi,” imbuh Bambang.

Memang tujuan pemerintah mengubah sistem uang pensiun PNS ini adalah agar tidak menjadi beban anggaran negara yang jumlahnya makin besar. Selain itu, manfaat yang diterima oleh PNS juga banyak. Uang pensiun yang jumlahnya besar diterima di muka, bisa menjadi modal bagi pensiunan, contohnya untuk modal usaha.

“Tapi belum ada keputusan apa-apa. Harus melakukan kajian beberapa opsi,” ujar Bambang.

via Uang Pensiun PNS Tak Dibayar Bulanan, Menkeu: Di Swasta Biasa.

Andi Setiawan

Loving husband - Caring Father - Slap bet Commissionaire (I wish) find my complete profile on: http://andisetiawan.com/about-me http://facebook.com/andiim3 - http://gplus.to/andiim3 - http://andiim3.com

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.