LG G watch R review (2)-1200-80

Jam Tangan Pintar: LG G Watch R

Sebenarnya jam tangan ini sudah saya miliki selama beberapa bulan, tapi baru kali ini sempat memberikan review mendalam untuknya. LG G Watch R, salah satu jam tangan pintar (smart watch) besutan LG dengan spesifikasi mumpuni dan desain yang tak lekang oleh waktu.

 

Desain

Beda dari smartwatch-smartwatch sebelumnya yang umumnya berbentuk kotak seperti jam digital, yang kadang terlihat seperti komputer pada pergelangan tangan.  G Watch R Dibekali dengan desain bundar yang sporty, jam tangan ini terlihat seperti jam tangan biasa kalau dari jauh.

 

Dari pabriknya, jam ini dilengkapi dengan leather strap (tali kulit) berwarna hitam putih. Kebetulan saya kurang suka memakai aksesories berbau kulit, jadi saya juga memesan silicon strap dan juga metal-link strap berwarna hitam supaya sesuai dengan warna dan design nya.

LG sama dock

Software

Beroperasi dengan android wear versi 1.40 dengan basis Android OS 6.0.1 (marshmallow), jam tangan ini bisa dikostumifikasi dengan mudah melalui perangkat android pendampingnya. Dalam hal ini saya menggunakan Xiaomi mi4 dengan android Marshmallow. Saya bisa menggunakan berbagai “watch face” favorit yang tersedia gratis di internet dan di playstore, tapi ada juga versi premium yang harganya rata2 cuma $1 per buah.

 

Hardware

Meskipun kelihatannya simple dan sederhana dari luar, tapi gadget yang tergolong premium ini didukung processor Snapdragon 400 1.2GHz , RAM 512MB , internal storage 4 GB, dan sebuah baterai berkapasitas 410mAh yang membuat tiap operasional terasa sangat halus tanpa lag sedikitpun. Tiap sentuhan dan perpindahan dari aplikasi ke aplikasi yang lainnya terasa responsive. Koneksi ke handphone lewat Bluetooth pun sangat cepat. Pada update firmware yang terakhir, dukungan software untuk menggunakan chip Wifi sudah terpasang seperti pada G Watch Urban. Banyak yang komplain dengan alasan jamnya kurang responsive, dan butuh beberapa detik bahkan menit untuk membuka satu aplikasi saja (sebut saja salah satunya generasi pertama sony smartwatch, bahkan generasi pertama LG watch yg masih berbentuk kotak). Tapi keluhan tersebut tidak terdapat pada jam tangan ini.

 

Harga

Sebenarnya ada generasi terbaru dari seri G Watch, yaitu LG G Watch Urban, yang merupakan penyempurnaan dari G Watch R. Tapi ini masalah selera pribadi, saya lebih suka desain yang cenderung sporty daripada design elegan dari G Watch Urban. Hal ini yang menyebabkan saya harus berburu online mencari toko yang masih menjual LG G Watch R, tapi apa daya stok sudah habis. Bahkan di Amazon.com harganya dibanderol $400 sebelum pajak dan ongkos kirim, dan harus indent beberapa hari. Lho, kok harganya jadi mirip dengan harga adiknya (Urban)?

 

Beruntung di ebay ada penawaran dari seseorang yang berdomisili di Texas. Karena butuh uang, beliau menjualnya hanya dengan harga $150 + ongkos kirim sekitar $15. Langsung saya login ke paypal untuk melakukan pembayaran. Dan yupz, saya hanya harus menunggu beberapa hari sampai barangnya tiba.

 

Kesimpulan

Dengan harga yang relative lebih terjangkau dari vendor saingan, LG G Watch R merupakan smartwatch yang terbilang lebih worthed untuk dimiliki. Ingin yang lebih bagus dari LG G Watch R? yang lebih mahal banyak.. Ada buatan Fossil dan Tag heuer yang punya design lebih keren dengan bandrol mencapai ribuan dollar. Smartwatch besutan apple juga ada, iWatch dengan design kotaknya itu, dari rentang harga  paling murah $350 sampai dengan ribuan dollar yg lebih mahal dari iPhone nya sendiri (harus punya iPhone).

 

Tapi, semua kembali ke selera pribadi. Bukan begitu?

Leave a Reply