Gajian dari Google

Setelah beberapa bulan vacuum menulis blog dan juga jarang mengurusi web app di andiim3.com, tiba2 beberapa hari kemarin ada email penting dari Google. Isinya kurang lebih tentang update dari status pembayaran bulan ini.

logo_adsense

 

Untuk pertama kalinya pembayaran dari google otomatis masuk ke salah satu rekening bank saya. Biasanya saya harus mengurusinya ke western union bersama ibunda karena payment nya atas nama beliau, in case saya masih berpetualang di luar daerah, beliau bisa mencairkannya sendiri. Tapi semenjak Google menawarkan cara baru pembayaran adsense, saya mengubahnya ke bank wire transfer.

Jumlahnya memang tidak seberapa, karena treshold nya sendiri berada di titik minimum pembayaran. Tapi kalau dibandingkan dengan pembayaran pertama yg saya dapatkan 10 tahun lalu dengan kurs USD yang rendah, kali ini uangnya cukup untuk membiayai sewa server dan biaya 2 nama domain yang saya punya. Tentunya masih ada sisa untuk makan pecel lele, sebulan. Hahaha

Bisnis pasif ini memang tidak saya terlalu tekuni beberapa tahun belakangan karena memang masih sibuk berkelana di luar daerah. Bukan cuma karena tidak sempat membuka laptop, tapi juga akses internet yang terbatas. Kalaupun ada akses, tapi harganya koneksinya mahal banget. Bayangkan, rata2 biaya internet disini $40 USD untuk 460 menit, setara dengan RP 544.000 (kurs RP 13.600/1 USD) untuk 7,5 jam online dengan kecepatan dibawah koneksi 3G.

Jadi saya biarkan blog saya diam terbengkalai tanpa satu update pun selama beberapa bulan, begitu juga web app saya. Trafik pengunjung menurun drastis, Google Page Rank juga turun dari rank 3 jadi rank 0 untuk kedua website saya.

Untungnya pengunjung di web app saya tetap tergolong ramai tiap harinya, jadi pasif income nya ya dari satu website ini saja. Sedikit demi sedikit mengumpulkan recehan dari pengiklan.

Rencananya mulai 3-4 bulan kedepan saya akan mulai rajin update konten selama liburan di rumah. Juga mulai membudayakan “blogwalking” seperti 10 tahun lalu, dimana para blogger saling membantu memberi traffik positif dan saling bersilahturahmi.

Saya jadi ingat waktu masih jamannya blogwalking, pembayaran adsense datang hampir setiap 1-2 bulan sekali. Sekarang?

Leave a Reply